jump to navigation

Iklim Purwakarta Oktober 9, 2011

Posted by zuLiG in Berita.
trackback

Purwakarta beriklim panas yang terbagi atas zona panas dan zona sedang, berkisar abtara 220 – 320 C pada siang hari 170 – 260 C pada malam hari. Secara agroklimat, Purwakarta berada di daerah lembab permanen (1-4 bulan – basah/tahun dengan curah hujan 100 mm/bulan). Jumlah bulan kering rata-rata 1 – 3 bulan/tahun.

Curah hujan antara 1.413 mm – 4.501 mm/tahun, dengan curah hujan rata-rata 3.039 mm/tahun. Curah hujan tertinggi umumnya terjadi pada bulan Januari, Februari, Maret dan Desember. Kondisi ini biasa terjadi di Kecamatan Wanayasa (4.501 mm). Hari hujan paling banyak adalah 148 hari.

Mengenai reservoir atau resapan air, Kabupaten Purwakarta memiliki beberapa sumber matga air yang sangat berpengaruh terhadap keseimbangan air. Dianataranya terdapat di Gunung sanggabuana, Gunung Parang, serta Pasir Kutangandak di wilayah Kecamatan Wanayasa dan Pasir Madang di Kecamatan Campaka. Selain itu, zona air tanah dari ukuran sedang sampai dangkal terdapat di wilayah Sungai Cikao di Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Plered dan Kecamatan Campaka. Untuk zona air tanah ukuran dalam, terdapat di wilayah Kecamatan Darangdan dan Kecamatan Wanayasa. Untuk air genangan antara lain adalah Bendungan Ir. H. Djuanda dan sebagian area Bendungan Cirata.

Sumber: www.purwakartakab.go.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: