jump to navigation

Pembudidaya Ikan Tunggu Imlek Selesai Februari 2, 2011

Posted by Cyber Purwakarta in Berita.
Tags: , , , ,
trackback

Para pembudidaya ikan keramba jaring apung di Waduk Ir H Djuanda Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menunggu Imlek untuk memulai lagi usahanya.

Sejak Desember 2010 lalu, mayoritas pembudidaya, yang mengelola sekitar 17.000 petak, mengosongkan kolamnya terkait kondisi cuaca. Intensitas hujan tinggi, pada musim hujan beberapa tahun terakhir, sering menjadi bencana bagi mereka. Ikan mati secara massal karena kadar oksigen anjlok, serangan virus, suhu air terlalu rendah, atau endapan dasar waduk teraduk.

Hingga Rabu (2/2/2011) siang, situasi di sejumlah dermaga masih relatif sepi. Di Dermaga Tanggul di Desa Kembang Kuning, Dermaga Serpis di Desa Jatimekar, dan Dermaga Ubrug di Desa Cibinong, sepi dari aktiivitas bongkar muat pakan, benih, dan ikan hasil panen.

Menurut Ketua Himpunan Pembudidaya Ikan Keramba Jaring Apung Jatiluhur, Darwis, kondisi air secara umum telah membaik. Beberapa indikator seperti kandungan oksigen terlarut, ketercerahan, dan temperatur air mendukung usaha budidaya. Akan tetapi, sebagian besar pembudidaya masih mencemaskan perubahan cuaca yang tiba-tiba.

“Mereka tidak ingin rugi seperti pernah terjadi, ikan terlanjur ditebar tetapi tiba-tiba kondisi air menurun drastis. Biasanya, setelah Imlek, hujan dan mendung berkurang,” ujarnya.

[www.kompas.com]

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: