jump to navigation

Apa itu linux ? Juli 9, 2010

Posted by Cyber Purwakarta in Komputer.
Tags: ,
trackback

mungkin sebagai mahasiswa olahraga masih terasa asing bagi kita ketika kita mendengar kata linux..apa itu linux ??

hadugh linux… istilah apa lagi itu yakz ??

Bagi kebanyakan orang Linux adalah barang aneh, namun sejak razia penggunaan software bajakan sistem operasi ini naik daun. Karena sistem operasi opensource (lebih kita kenal sebagai sistem operasi gratis).
Di kampus tercinta kita ini, pendidikan IT sedikit lebih mundur dari program studi yang lain, bisa di maklumi memang tapi kita tidak boleh mengabaikannya begitu saja di berbagai instansi sekarang ini kelak diramalkan akan menggunakan linux sebagai OS-nya. Anda tentu bisa membayangkan jika menggunakan Microsoft Windows yang apabila kita beli CD originalnya sekitar $ 80, bayangkan jika perusahaan anda memiliki beberapa komputer di kantornya?? berapa banyak uang yang harus di keluarkan untuk membeli CD originalnya dan yang pasti akan menambah beban pengeluaran perusahaan anda, dan dengan mempelajari Linux mungkin anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena kebutuhan SDM yang menguasai Linux sampai saat ini masih sangat besar, apalagi ke depan Pemerintah serius dengan IGOS-nya ( Indonesia Go Open source ) klik disini

apa itu linux ?

Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU General Public License, source kode untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang.Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem operasi/OS yang Free dan Open source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software).Foss adalah Konsep berbagi, merdeka dan terbuka.

pada dasarnya linux mempunyai sifat yang open, Linux berkembang sangat cepat dimana source code bisa diperoleh secara cuma-cuma, tidak terkait dengan perusahaan/vendor berbeda dengan saingannya yang berjudul “windows” dari perusahaan/vendor yang berlabel microsoft itu. Dan semua penyedia jasa support bisa memberikan dukungan atau bantuan yang baik secara efektif, bahkan untuk bug fixes. Secara teknikal Linux bukanlah UNIX, hanya cara operasinya ’seakan’ UNIX.

Linux sebagai OS opensource membolehkan tiap orang untuk turut berpartisipasi dan ini merupakan salah satu kelebihan Linux sebagai sistem operasi, banyak variasi dan aplikasi yang dapat anda temukan. Namun bagi pemula, banyaknya variasi atau lebih dikenal sebagai distro ini dapat membuat bingung. Kurangnya pemahaman tentang Linux ditambah banyaknya variasi dapat membuat seorang pemula menjadi kaget dan mengurungkan niatnya untuk mencicipi sistem operasi ini.

Pada dasarnya memilih distro bukanlah hal yang menakutkan. Hal pertama yang perlu kita ketahui untuk memilih distro adalah mencari tahu apa yang ingin kita dapatkan dari Linux. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang secara umum dapat digunakan untuk semua kebutuhan, memilih distro Linux lebih mudah dilihat berdasarkan tujuan penggunaannya itu sendiri (walaupun tiap distro memiliki karakteristik tersendiri bukan berarti distro tersebut tidak dapat digunakan untuk penggunaan lain), apakah akan digunakan sebagai sistem operasi server, sistem operasi multimedia, sistem aplikasi perkantoran, atau penggunaan sistem operasi lainnya.

Berikut beberapa pertimbangan memilih linux sebagai OS kita!!

1. Kita tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD Windows yang Original semuanya free silahkan meng copy cd-nya dari teman anda.

2. Linux is Free jadi kita tidak perlu kabur ketika ada operasi software kerana setiap distro di Linux tersedia gratis . kita boleh menginstalnya sebanyak mungkin di komputer secara cuma-cuma.

3. Sebagai tambahannya, sistem operasi Linux sudah mengandung banyak aplikasi penting.

4. Mendukung program pemerintah stop pembajakan.

5. Virus amat sedikit menerpa Linux.

6. Linux lebih banyak memberi dan menawarkan pilihan (Jika MS menawarkan windows (jendela), maka linux menawarkan seluruh ru mah dan isinya).

7. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer

8. Beberapa aplikasi Windows, jika diperlukan, juga bisa dijalankan di Linux dengan utility bernama Wine.

9. Mengajak kita untuk berpikir kritis dan kreatif yang di sebabkan open sourcenya.

10. Paket program-nya hampir bisa dikatakan lengkap. (Ada program Blender = Dreamweaver, ada Gimp = Photoshop, ada Digikam = kamera digital)

11. Dan tentunya masih banyak keunggulan lagi

jadi siapkan diri anda untuk dunia linux..dunia kebebasan.

sumber: http://penkepor.fkip.uns.ac.id/?p=169

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: