jump to navigation

Purwakarta Menuju Free Open Source Software (FOSS) Juni 14, 2010

Posted by Admin in Notes.
Tags:
trackback

Pada tanggal 10 s/d 12 Mei 2010 lalu, bertempat di Aula Wikara I Setda Kabupaten Purwakarta telah diadakan Pelatihan / Training of Trainers (ToT) Migrasi Free Open Source Software (FOSS) kerjasama Pemkab Purwakarta dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), diikuti kurang lebih 70 peserta yang berasal dari OPD, Kecamatan dan Kelurahan se-Kabupaten Purwakarta. kali ini tema yang diangkat adalah Migrasi Serentak Menuju Free Open Source Software (FOSS).

Pelatihan/ToT dibuka pada tanggal 10 Mei 2010 dengan di awali sambutan dari Kepala Bagian KaharTI – Setda Kabupaten Purwakarta Bapak Waluyo Sakarsono, pada sambutannya Bapak Waluyo memaparkan bahwa kegiatan seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian program yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam rangka Migrasi dari Software illegal ke Software legal. salah satunya dengan menggelar pelatihan Linux di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Bapak Waluyo mengharapkan peserta pelatihan mengikuti pelatihan/ToT dengan seksama karena diharapkan peserta pelatihan menjadi pelopor Migrasi Open Source di masing-masing lingkungan kerjanya.

Setelah usai dibuka, acara sepenuhnya diberikan kepada moderator acara sdr. Wenwen Ruswendi dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Acara dibagi menjadi 2 (dua) sesi dengan narasumber dari BPPT sdr Yuki Istianto. Dalam sesi pertama acara diisi materi Pengenalan Sistem Operasi Linux dan Instalasi Sistem Operasi Linux (Ubuntu) dan sesi kedua dilanjutkan setelah ishoma dengan materi Internet Setting pada Linux (Web Browser dan E-mail)

Hari kedua pelatihan kembali dibagi menjadi 2 (dua) sesi dengan narasumber sdr Wenwen Ruswendi dari BPPT dengan materi di sesi pertama Linux Administrator (Synaptic) dilanjutkan dengan Diskusi Strategi Migrasi. Selanjutnya sesi kedua pelatihan dilanjutkan setelah ishoma dengan materi Pengenalan Aplikasi Perkantoran (Open Office) dan Pembuatan Dokumen Pengolah Kata (Writer). Peserta pelatihan tampak antusias mengikuti setiap materi yang disampikan oleh narasumber yang dipraktekan langsung di laptopnya masing-masing, walaupun diantara peserta ada yang masih merasa kaku dalam menjalankan program Linux namun secara keseluruhan peserta dapat mengikuti setiap materi dengan baik. hal ini ditunjang oleh narasumber yang cukup interaktif dan komunikatif dalam menyampaikan materinya. Dengan disisipi kuis berhadiah peserta tampak antusias menjawab setiap pertanyaan yang dilayangkan oleh narasumber sdr. Wenwen Ruswendi.

Rabu 12 Mei 2010 merupakan hari terakhir Pelatihan/ToT. Diawali dengan materi mengenai Pembuatan Dokumen Lembar Kerja (Calc) dan Pembuatan Dokumen Presentasi (Impress), akhirnya setelah ishoma Kegiatan Pelatihan ditutup oleh Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi, SH., diawali kesan dan pesan dari peserta yang diwakili oleh sdri. Tanti Rozida dari Badan Keluarga Berencana, Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA), sdri. Tanti menyampaikan kesan dengan adanya pelatihan ini memberikan pencerahan, bahwa ternyata ada Sistem Operasi yang gratis (FOSS) diluar Sistem Operasi berbayar (Microsoft) yang selama ini menjadi satu-satunya Sistem Operasi yang dipakai oleh pengguna komputer pada umumnya. Dan berpesan agar pelatihan ini dapat ditindaklanjuti dengan aksi dari para peserta pelatihan dalam mensosialisasikan Free Open Source Software (FOSS) ini di lingkungan kerjanya masing-masing.

Dan akhirnya Bapak Bupati memberikan pengarahan kepada segenap pejabat dan peserta yang hadir di Aula Wikara I Setda Kab. Purwakarta. Dalam pengarahannya Bupati berpesan agar perkembangan IT dewasa ini mampu dimanfaatkan oleh pemerintah dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya di Kabupaten Purwakarta. Dan dalam penerapannya perlu diperhatikan juga legalitas perangkat lunak yang digunakan. Akhirnya Bupati menyambut baik adanya pelatihan ini dan menginstruksikan seluruh Organisasi Perangakat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Purwakarta agar segera Migrasi dari Software Ilegal ke Software Legal atau Free Open Source Software (FOSS), dan di 2011 tidak ada lagi penggunaan Software Ilegal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Andis Maulana (KaharTI).

http://www.purwakartakab.go.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: