jump to navigation

Tulip Mei 7, 2010

Posted by Admin in Flora dan Fauna.
Tags: ,
trackback


Seringkali kita beranggapan bahwa tulip berasal dari Belanda, negara kincir angin itu. Namun sebenarnya, Tulip berasal dari Timur Tengah, daerah Turki.

Tulip dibawa ke Eropa pada abad 16. Dalam literatur awal bahasa Inggris, Tulip ditulis sebagai Tulipa atau Tulipant; dalam bahasa Perancis, Tulipe; dalam bahasa Latin, tul?pa; dalam bahasa Turki, tülbend. Orang-orang Turki, negara yang dipercaya sebagai asal bunga Tulip menyamakannya dengan sorban, karena di saat mekar, kelopak bunga tulip tampak seperti sorban.

Tulip ditemukan hampir pada semua warna, kecuali biru dan hitam. Tulip tumbuh subur di daerah Timur Tengah pada bulan November sampai Mei, sedangkan untuk Tulip di Eropa, subur pada bulan Januari sampai April. Dalam bahasa Victoria, Tulip merah seperti halnya Mawar merah adalah sebuah pengakuan cinta.

Bagi bangsa Iran dan Turki, Tulip adalah bunga nasional mereka, walaupun Tulip memang tumbuh subur di Belanda. Tulip berasal dari divisi Magnoliophyta, kelas Liliopsida, orde Liliales, dan keluarga Liliaceae. Sayang sekali, Tulip tidak tumbuh di Indonesia, padahal bunga ini tidak kalah cantiknya dengan mawar atau daisy.

(www.cyberzoner.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: