jump to navigation

Wisata Purwakarta Mei 5, 2010

Posted by zuLiG in Pariwisata.
Tags: ,
trackback
Purwakarta yah sebuah Kota atau Kabupaten yang berada di Jawa Barat dan pastinya Indonesia dan Obyek Wisata Purwakarta juga patut di ketahui hehe.. yuk Oke Kota Purwakarta Punya Situ Buleud klo dalam bahasa Sunda tapi yah Indonesia raya mah Telaga Bundar/Bulet karena emang dari bentuknya kali yah tapi ini buatan yang mana dulu di dibangun oleh RA. Suriawinata sekitar tahun 1830 yooo.. pastina mah sekarang bisa buat santai dan klo hari hari tertentu ramai dan enak loh buat olah raga katanya hehe tapi diriku mah belum pernah soalnya jauh ke Kota maklum Purwakartanya di Pinggiran tapi tetap Wanayasa yes yes! mantap abiZzz.. Pariwisata di Purwakarta cukup lumayan banyak hahaha pokoknya banyak ajalah biar gak kalah ama kota lain hahaha, meskipun dikit tapi setidaknya yah bisa jadi informasi. Sedikit sedikit aja yah sory klo tidak pake Foto karena keterbatasan
Waduk Jatiluhur

Jatiluhur adalah Tempat wisata di Purwakarta yang berupa waduk pembangkit listrik yang dulunya sungai Citarum. Jatiluhur disamping buat pembangkit listrik ternyata kita bisa menikmati suasana keindahan alamnya dan juga ada peternakan ikan berupa tambak, yang biasa oleh orang sana disebut Kolam Apung karena ikan tersebut di ternak di jaring yang terapung di air waduk Jatiluhur. Keindahan dan nuansa suasana Jatiluhur menarik para Wisatawan lokal biasanya lonjakan pengunjung akan sangat ramei ketika hari Raya Idul Fitri dan hari liburan sekolah atau kerja. Obyek wisata Jatiluhur terletak 9 km dari kota Purwakarta, terkenal dengan Bendungan Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957, dapat menampung tidak kurang 3 milyar3 air Sungai Citarum dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di dalamn Bendungan Ir. H. Juanda, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dan produksi tenaga listrik rata-rata 1000 juta kwh setiap tahun. Selain dari itu, memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat Budi daya Ikan Keramba Jaring Apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar. Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat, sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya. Terletak 7 km dari kota Purwakarta.

Waduk Cirata

Cirata, selain berpungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) danau yang berketinggian sekitar 223 meter di atas permukaan laut itu, dikelilingi bukit menjadikan keindahan alam yang sangat menarik. PLTA Cirata merupakan Proyek Induk Pembangkit Hidro Jawa Barat (Pikitdro Jabar) yang dapat membangkitkan energi listrik rata-rata sebesar 1.426 juta kilowat/jam pertahun Bila melakukan perjalanan dari Kota Purwakarta melalui Plered, kita akan tiba di Cirata dalam waktu kurang lebih 40 menit. Dalam perjalanan itu, dapat dinikmati keindahan alam di sepanjang jalan Plered-Cirata.

Ke depan danau Cirata akan dikembangkan menjadi tempat educationol tourism bagi para pelajar dan mahasiswa dan sarana rekreasi, terutama rekreasi air seperti halnya Obyek Wisata Jatiluhur. Ah Segitu saja hehe yang lainya silahken….
qwertyyyuioiyfdbcvxvmm…. Pariwisata Purwakarta

Komentar»

1. Mone - Agustus 3, 2010

Tambahannya, ke Purwakarta, jangan lupa makan nasi uduk di Pondok Hijau Purwakarta dengan ayam (kampung)goreng dan semur tahu.Hm…nyam…nyam…harus dicoba tuh…Adanya di jalan Veteran, kalau arah dari Jakarta di sebelah kiri. Terus inap di Wanayasa, di Saung Elna…Wah…nikmat banget…bisa mancing, main di sawah, atau main voli di halamannya…

2. Garcinia Cambogia - Agustus 4, 2013

Wow, this article is pleasant, my sister is analyzing these
things, so I am going to inform her.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: