jump to navigation

Gaia dan Google April 22, 2010

Posted by zuLiG in Internet.
Tags: , , ,
trackback

Gaia, Program yang Menyerang Sistem Password Google

SAN FRANSISCO – Serangan cyber terhadap Google tahun lalu, diketahui menyerang sistem password yang mengontrol jutaan akses pengguna ke layanan raksasa internet tersebut, termasuk layanan email dan bisnis.

Gaia, demikian nama program yang menyerang sistem password tersebut, memungkinkan penggunanya melakukan sign in menggunakan satu password untuk berbagai layanan.

Seperti dilansir New York Times, Selasa (20/4/2010), Gaia menyerang Google Desember tahun silam. Kala itu, akun Gmail milik para aktivis HAM dan beberapa perusahaan besar AS di China sukses dibobol. Password pengguna tidak dicuri, Google pun langsung berinisiatif melakukan perubahan sistem keamanan pada jaringannya.

Disebutkan juru bicara Google, terdapat source code yang ditemukan di lebih dari 30 perusahaan Silicon Valley yang menjadi target serangan. Source code tersebut, semuanya berasal dari China. Namun pemerintah China mengelak bahwa mereka terlibat dalam serangan ini.

Ketegangan diantara Google dan pemerintah China semakin meningkat saat Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton secara resmi mengumumkan hal terkait sensor internet pada Januari melalui pidatonya. Sementara China, menyatakan bahwa perusahaan yang bekerja di negaranya harus hormat dan taat pada peraturan mereka.

Tak disangka, serangan cyber yang terjadi pada Desember tersebut selanjutnya menyulut perseteruan antara Google dan pemerintah China. Keduanya saling menuding serangan tersebut ditunggangi kepentingan tertentu. Pada akhirnya, Google memutuskan untuk hengkang dan mengarahkan akses Google China ke Google Hong Kong yang bebas sensor. (rah)

Sumber: Techno.OkeZone.com

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: