jump to navigation

Penguat Sinyal 3G dengan antenna BAZOKA April 19, 2010

Posted by zuLiG in Tips dan Trik.
Tags: , , ,
trackback

Dengan menggunakan Antenna Bazooka 3G buatan sendiri, sekarang saya sudah bisa mengecap manisnya koneksi 3G dengan Signal Strength : Good padahal sebelumnya cuma gprs

1. Pipa paralon 4 dim panjangnya 60 cm ( cari di toko bangunan hargane 17 ribuan/meter )
catatan : paralon panjangnya bisa dibawah 60cm. batas minimal >23 cm

2. Tutup/Dop paralon 4 dim ( hargane 5 ribuan )

2. Lakban Aluminium ( cari di toko elektronik hargane 35 ribuan/Roll )
catatan : saya tidak menganjurkan untuk menggunakan Aluminium Foil ( yang biasa buat bungkus makanan). Karena sangat tipis dan mudah sobek. Sangat tidak efisien untuk pemakaian lama.

3. Usb extention / Kabel perpanjangan USB ( hargane 5 ribuan )

Total Biaya pembuatan Antenna BAZOOKA 3G : gak sampe 70 ribu.

Sekarang langkah-langkahnya.

1. Paralon dipotong sepanjang 60 cm .
2. Buat lubang kecil untuk lubang USB modem di posisi 6,8 cm dari ujung pipa
3. Bungkus seluruh badan pipa paralon dengan lakban aluminium.
4. Kemudian lubangi pada bagian lubang USB yang sudah dibuat tadi. Pada bagian pinggiran lubang USB lapisi juga dengan lakban aluminium.
5. Lapisi bagian dalam dari tutup paralon dengan lakban Aluminium. Pastikan bagian pinggiran dari tutup juga terlapisi aluminium. Agar gelombang sinyal antara tutup dan badan pipa bisa saling berhubungan.
6. Masukkan kabel extention usb lewat lubang kecil yang sudah dibuat tadi. Lalu masukin modem 3G kedalam pipa paralon trus sambung dengan kabel extention.
7. Pasangkan tutup paralon di ujung yang berdekatan dengan modem 3G. Biarkan terbuka untuk ujung satunya.
8. Langkah terakhir dan yang paling menentukan keberhasilan seluruh proses.
Carilah lokasi BTS terdekat dan arahkan antena bazoka..ke arah bts tersebut

Hal yang jangan dilupakan adalah usahakan sebisa mungkin Antenna BAZOOKA 3G menembak tanpa terhalang tembok, pohon, ataupun “jemuran tetangga”. Kalo gubuk anda bertingkat 2 atau lebih, sukur-sukur kalo anda tinggal di “condominium” maka penembakan Antenna Bazooka 3G bisa leluasa tak terhalang apapun.

Sumber: http://www.cyberzoner.com

Komentar»

1. nuxer-lotim - Agustus 3, 2010

pantas di coba gan,,,,,,

2. pasti - Desember 7, 2012

maaf gan bisa minta gambarnya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: