jump to navigation

Sate Maranggi – Maskot #kulinerpwk Agustus 14, 2013

Posted by zuLiG in Berita, Pariwisata.
add a comment

Liputan6.com, Purwakarta : Di pinggir Jalan Cibungur, Purwakarta, terlihat kepulan asap berbau harum yang menusuk indera penciuman siapa pun yang melintas. Membuat air liur seakan ingin menetes keluar. Dari balik kepulan asap itu, terlihat banyak orang sedang menikmati suguhan sate ditemani segelas es kelapa muda.

(lebih…)

Sasakala Situ Buleud – Purwakarta Januari 14, 2011

Posted by Cyber Purwakarta in Pariwisata, Sejarah.
Tags: , , , , , , , , , ,
add a comment

Kacaturkeun dina jaman Bupati R. Aria Suriawinata anu kagungan jujuluk Dalem Solawat aya ogé nu nyubet Dalem Santri, harita jeneng Bupati Kabupatén Purwakarta di Karawang. Ku lantaran Karawang sok mindeng kacaahan sabab katotog ku walungan Citarum, nya puseur dayeuh dipindahkeun ka Wanayasa. (lebih…)

CERITA MISTIK SITU BULEUD September 1, 2010

Posted by Cyber Purwakarta in Pariwisata.
Tags:
3 comments

Seorang sesepuh Purwakarta yang juga Sekretaris Musyawarah Bersama Masyarakat Purwakarta dan anggota panitia penelusuran sejarah Purwakarta, R.H. Garsoebagdja Bratadidjaja, menjelaskan, pada zaman dahulu Situ Buleud merupakan tempat “pangguyangan” (berkubang) badak yang datang dari daerah Simpeureun dan Cikumpay serta dijadikan pula tempat minum bagi binatang lainnya. Situ Buleud terbentuk karena ada mata air ditambah air hujan. Kemudian, pada zaman Belanda diperbesar. Karena dikhawatirkan airnya terus surut, dibuatlah saluran irigasi dari daerah Pasawahan. Selanjutnya, Gar menceritakan sebenarnya Situ Buleud sering dipergunakan untuk acara-acara keramaian besar, seperti memperingati hari ulang tahun Raja Belanda ataupun keramaian lain. Kemudian dibuat panggung besar di tengah-tengah danaunya dan diadakanlah pesta besar sehingga rerumputan yang ada di sekelilingnya juga terus dipelihara. “Ini terjadi sebelum Perang Dunia II, sedangkan sekarang tidak ada lagi acara tersebut yang biasanya diramaikan dengan acara wayang golek ataupun calung,” ujarnya.

Pada zaman Belanda itulah, rakyat jelata tidak boleh menginjak rumput yang ada di sekeliling Situ Buleud karena merupakan tempat atau arena bermain para gegeden Belanda. Untuk menjaganya, dipercayakan kepada seorang upas bernama Sahro lengkap dengan pentungan karetnya. Ia seringkali berteriak-teriak untuk menakut-nakuti anak-anak yang bermain ke wilayah sekitar danau itu. Karena merasa takut dipentungi, anak-anak biasanya terus berlarian. Lebih dari itu, Situ Buleud dulu juga sering dijadikan tempat berenang. “Namun, sekarang tidak lagi bahkan sekarang suka ada jatuh korban anak-anak yang tenggelam, sedangkan dulu tidak pernah,” ungkap Gar.

Sementara itu, menyangkut cerita berbau mistik, menurut Gar, berdasarkan penuturan orang-orang tua dulu pada setiap subuh anak-anak seringkali bermain di sekitar Situ Buleud. Namun, mereka biasanya langsung berlarian manakala terdengar teriakan bahwa di tengah-tengah Situ Buleud muncul secara tiba-tiba bayang-bayang hitam besar. “Awas! Aya anunya [****]Bima. Aya [****] Bima!”

Bahkan, yang lebih seram lagi sempat pula ada cerita orang tua dulu bahwa di Situ Buleud itu ada “penunggu”-nya yang biasa disebut si Barong, yakni sesosok mahluk menyerupai bentuk kepala singa. Makhluk itu konon suka muncul secara tiba-tiba di tengah Situ Buleud. “Bila ada orang yang kawenehan (kebetulan melihat-red.), akan terlihat sosok kepala singa besar,” ungkap Garsubagdja.

sumber: http://ridwan.waps.ms/sejarah_situ_buleud
Istana megah

Sementara itu, seorang warga sekitar Situ Buleud bernama Andang (27), yang merupakan warga asli di sekitar danau tersebut, menceritakan, dulu sebagaimana diceritakan orang tuanya Situ Buleud memang merupakan tempat berkubang badak. Pada zaman Belanda diperbaiki dan dijadikan arena kegiatan hiburan. Ia juga mengetahui banyak cerita mistik di Situ Buleud. Menurutnya, bila kita punya “ilmu”, ketika masuk dari pintu gerbang utama langsung terlihat berdirinya sebuah istana megah.

Pernah juga ada cerita bahwa suatu saat danau itu akan dikeringkan untuk diambil ikannya (bahasa Sunda = dibedahkeun-red.). Pada malam hari sebelum danau itu dikeringkan, secara kebetulan jatuh pada malam Jumat, menurut cerita banyak ikan besarnya yang berjalan menuju sungai di sekitarnya. “Katanya, ikan itu merupakan ikan kajajaden atau bukan sembarang ikan,” ungkapnya.

Ada pula cerita, hampir setiap tahun selalu saja ada korban manusia yang menjadi wadal (tumbal-red.) karena ada cerita bahwa danau itu ditunggui oleh Mbah Jambrong. Pada beberapa bulan lalu sempat pula ada seseorang yang menangkap ikan menggunakan jala, lalu tersangkut dan tercebur ke dalam danau hingga meninggal. Bahkan sebelumnya, banyak cerita yang dihubung-hubungkan dengan mistik seperti meninggalnya seorang pengusaha yang menyewa danau itu untuk dijadikan tempat rekreasi. “Selain itu, ada juga cerita tentang rumah peninggalan Belanda di sekitar danau yang sempat disewa oleh produser film ‘Rojali dan Juleha’ selama dua bulan, namun baru sebulan langsung hengkang. Pasalnya, banyak artisnya yang tidak tahan banyak yang pingsan dan kerasukan,” ujarnya.

Hotel di Purwakarta Agustus 28, 2010

Posted by Cyber Purwakarta in Pariwisata.
Tags:
2 comments

ALAM SARI WATES
Address : Dangradan Main St., kilometer 21
Phone : 0264 – 620123

BONITA HOTEL
Address : 1 Mr.Dr. Kusumaatmaja St.
Phone : 0264 – 201360

CIWARENG INN HOTEL
Address : 5 Koip Ciwareng St.
Phone : 0264 – 209843,20986

HORISON HOTEL
Address : 149 Pahlawan St.
Phone : 0264 – 201537

INTAN HOTEL
Address : 132 Letjend. Basuki Rahmat St.
Phone : 0264 – 201116
Fax : 0264 – 201219

KALEOSAN HOTEL
Address : 149 Ubrukg Main St.
Phone : 0264 – 200416

KHALSA INDAH HOTEL
Address : 235 Veteran St., Gg. Seroja
Phone : 0264 – 201845,205055

MEGASARI GUEST HOUSE
Address : 138 Ahmad Yani St.
Phone : 0264 – 200191

PANORAMA INDAH HOTEL
Address : Purwakarta Main St., kilometer 11
Phone : 0264 – 206708

PARIWISATA JATI LUHUR
Address : Jati Luhur Main St.
Phone : 0264 – 201087
Fax : 0264 – 201089

PRIANAGAN GUEST HOUSE
Address : 31 Sudirman St.
Phone : 0264 – 200275

RADISON BUKIT INDAH PLAZA
Address : Wisma Bukit Indah St., Block L, Purwakarta 41181
Phone : 0264 – 351888,351887
Fax : 0254 – 351887
Email : info@kbi.pphotels.com

SALYDO HOTEL
Address : 27 Taman Pahlawan St.
Phone : 0264 – 200219

SEDERHANA HOTEL
Address : 15 Dahlia St.
Phone : 0264 – 201969

SENJA HOTEL
Address : 9 Ibrahim Singadilaga St.
Phone : 0264 – 207175

SINGASARI PENGINAPAN
Address : 11 Siliwangi St.
Phone : 0264 – 201360

HOMESTAY
NUSA INDAH LOSMEN
Address : 2 Nusa Indah St.
Phone : 0264 – 201907

Jatiluhur Tempat Wisata di Purwakarta Juli 4, 2010

Posted by Admin in Pariwisata.
Tags: , ,
3 comments

Jatiluhur adalah Tempat wisata di Purwakarta yang berupa waduk pembangkit listrik yang dulunya sungai Citarum. Jatiluhur disamping buat pembangkit listrik ternyata kita bisa menikmati suasana keindahan alamnya dan juga ada peternakan ikan berupa tambak, yang biasa oleh orang sana disebut Kolam Apung karena ikan tersebut di ternak di jaring yang terapung di air waduk Jatiluhur. Keindahan dan nuansa suasana Jatiluhur menarik para Wisatawan lokal biasanya lonjakan pengunjung akan sangat ramei ketika hari Raya Idul Fitri dan hari liburan sekolah atau kerja.

Sumber: http://www.purwakarta.go.id

Obyek wisata Jatiluhur terletak 9 km dari kota Purwakarta, terkenal dengan Bendungan Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957, dapat menampung tidak kurang 3 milyar3 air Sungai Citarum dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di dalamn Bendungan Ir. H. Juanda, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dan produksi tenaga listrik rata-rata 1000 juta kwh setiap tahun. Selain dari itu, memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat Budi daya Ikan Keramba Jaring Apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.

Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat, sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya. Terletak 7 km dari kota Purwakarta.

Lihat juga!!!

sumber: http://kafein4u.wordpress.com/2009/05/02/jatiluhur/

Bojong Purwakarta Mei 18, 2010

Posted by Admin in Notes, Pariwisata.
Tags: , ,
add a comment

Bojong tetangga kecamatan dimana tempat aku bermukin tinggal, tidur, makan, dan o o oh hehe, Kecamatan rumahku adalah Wanayasa yang terkenal dengan adanya Situ Wanayasa atau Telaga, pokoknya asik deh buat ngadem ayem menghirup udara segar pegunungan.

Bojong adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Letak daerahnya berlenggok lenggok tapi datar dan daerah bojong ada pasarnya klo hari Selasa dan Jum’at pasar itu di datangin para belanjawan dan belanjawati hakakakaka ada ada ja nih. Oh iya antara bojong dan kecamatan darangdan atau Sawit itu dulunya Perkebunan TEH bukan teteh loh tapi TEH yang buat di diminum itu loh yang rasanya legit mantap xixixi… tapi klo sekarang yang gw tahu sih berganti jadi Kandang Ayam yang mana kawasan daerah bojong ini bau ayam eh e’e ayam, terasa aja ama gw klo dari rumah gw klo lewat pasti tar di beberapa tempat ada bau tai ayam Hmmmm menyengat ke idung dan gak enak banget rasanya hidungku pengen disumbat hahaha…

Wisata Bojong atau tempat wisata apa aja yang ada disana yang gw tahu sih disana itu ada KOLAM RENANG tapi gw lum pernah masuk kesana abis gmn gitu hahaha… sory gk bisa dijelaskan dengan kata2 akakakaka.. Tempatnya dekat lapangan terus masuk ke arah yang mau ke Tegal Sapi.

sumber: http://ddndz.blogspot.com

Wisata Purwakarta Mei 5, 2010

Posted by zuLiG in Pariwisata.
Tags: ,
2 comments
Purwakarta yah sebuah Kota atau Kabupaten yang berada di Jawa Barat dan pastinya Indonesia dan Obyek Wisata Purwakarta juga patut di ketahui hehe.. yuk Oke Kota Purwakarta Punya Situ Buleud klo dalam bahasa Sunda tapi yah Indonesia raya mah Telaga Bundar/Bulet karena emang dari bentuknya kali yah tapi ini buatan yang mana dulu di dibangun oleh RA. Suriawinata sekitar tahun 1830 yooo.. pastina mah sekarang bisa buat santai dan klo hari hari tertentu ramai dan enak loh buat olah raga katanya hehe tapi diriku mah belum pernah soalnya jauh ke Kota maklum Purwakartanya di Pinggiran tapi tetap Wanayasa yes yes! mantap abiZzz.. Pariwisata di Purwakarta cukup lumayan banyak hahaha pokoknya banyak ajalah biar gak kalah ama kota lain hahaha, meskipun dikit tapi setidaknya yah bisa jadi informasi. Sedikit sedikit aja yah sory klo tidak pake Foto karena keterbatasan
Waduk Jatiluhur

Jatiluhur adalah Tempat wisata di Purwakarta yang berupa waduk pembangkit listrik yang dulunya sungai Citarum. Jatiluhur disamping buat pembangkit listrik ternyata kita bisa menikmati suasana keindahan alamnya dan juga ada peternakan ikan berupa tambak, yang biasa oleh orang sana disebut Kolam Apung karena ikan tersebut di ternak di jaring yang terapung di air waduk Jatiluhur. Keindahan dan nuansa suasana Jatiluhur menarik para Wisatawan lokal biasanya lonjakan pengunjung akan sangat ramei ketika hari Raya Idul Fitri dan hari liburan sekolah atau kerja. Obyek wisata Jatiluhur terletak 9 km dari kota Purwakarta, terkenal dengan Bendungan Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957, dapat menampung tidak kurang 3 milyar3 air Sungai Citarum dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di dalamn Bendungan Ir. H. Juanda, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dan produksi tenaga listrik rata-rata 1000 juta kwh setiap tahun. Selain dari itu, memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat Budi daya Ikan Keramba Jaring Apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar. Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat, sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya. Terletak 7 km dari kota Purwakarta.

Waduk Cirata

Cirata, selain berpungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) danau yang berketinggian sekitar 223 meter di atas permukaan laut itu, dikelilingi bukit menjadikan keindahan alam yang sangat menarik. PLTA Cirata merupakan Proyek Induk Pembangkit Hidro Jawa Barat (Pikitdro Jabar) yang dapat membangkitkan energi listrik rata-rata sebesar 1.426 juta kilowat/jam pertahun Bila melakukan perjalanan dari Kota Purwakarta melalui Plered, kita akan tiba di Cirata dalam waktu kurang lebih 40 menit. Dalam perjalanan itu, dapat dinikmati keindahan alam di sepanjang jalan Plered-Cirata.

Ke depan danau Cirata akan dikembangkan menjadi tempat educationol tourism bagi para pelajar dan mahasiswa dan sarana rekreasi, terutama rekreasi air seperti halnya Obyek Wisata Jatiluhur. Ah Segitu saja hehe yang lainya silahken….
qwertyyyuioiyfdbcvxvmm…. Pariwisata Purwakarta

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.